Sekretariat

Tertuang dalam ” PERATURAN BUPATI JEPARA NOMOR 45  TAHUN 2016 TENTANG KEDUDUKAN, SUSUNAN ORGANISASI,  TUGAS DAN FUNGSI SERTA TATA KERJA DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN JEPARA ”

Sekretariat

Pasal 7

  • Sekretariat mempunyai tugas perumusan konsep dan pelaksanaan kebijakan,pengkoordinasian, pemantauan, evaluasi, pelaporan meliputi keuangan, hukum, kehumasan, keorganisasian dan ketatalaksanaan, pembinaan ketatausahaan, kearsipan, kerumahtanggaan, kepegawaian dan pelayanan administrasi di lingkungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.
  • Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas.

Pasal 8

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7, Sekretariat mempunyai fungsi :

  1. pengkoordinasian kegiatan di lingkungan Dinas;
  2. pengkoordinasian dan penyusunan rencana dan program kerja di lingkungan Dinas;
  3. pembinaan dan pemberian dukungan administrasi yang meliputi keuangan, hukum, hubungan masyarakat, ketatausahaan, kearsipan, kerumahtanggaan, kepegawaian dan pelayanan administrasi di lingkungan Dinas;
  4. pengkoordinasian dan penyusunan peraturan perundang-undangan di lingkungan Dinas;
  5. pengkoordinasian pelaksanaan sistem pengendalian intern pemerintah

(SPIP) dan pengelolaan informasi dan dokumentasi;

  1. penyelenggaraan pengelolaan  barang  milik/kekayaan  daerah  dan pelayanan pengadaan barang/jasa di lingkungan Dinas;
  2. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan sesuai dengan lingkup tugasnya;
  3. pelaksanaan fungsi kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan fungsinya.

Pasal 9

  • Sekretariat terdiri dari :
    1. Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi ;
    2. Sub Bagian Keuangan
    3. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.
  • Masing-masing Sub Bagian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipimpin oleh seorang Kepala yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Sekretaris.

Pasal 10

Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi  mempunyai tugas menyusun rencana dan evaluasi pelaksanaan program kegiatan serta laporan Instansi.

Pasal 11

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10, Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi mempunyai fungsi :

  1. perencanaan kegiatan dan pengendalian program kerja ;
  2. penyusunan dan mengkoordinasikan penyusunan Rencana Strategis, Penetapan Kinerja, Rencana Kerja dan Anggaran serta Laporan

Pertanggungjawaban Pemerintah Daerah;

  1. pelaksanaan penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi

Pemerintah dan laporan-laporan insidentil;

  1. pelaksanaan pengumpulan, penelitian, analisa, pengelolaan, penyajian data dan menyiapkan bahan laporan kinerja Dinas serta menyusun bahan pembinaan organisasi dan tatalaksana;
  2. penyusunan laporan sesuai dengan bidang tugasnya;
  3. pengkoordinasian penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang Perencanaan Keuangan dan program kegiatan, penelitian dan membuat pelaporan kegiatan Dinas;
  4. pemberian saran, pendapat dan pertimbangan kepada atasannya untuk menyelesaikan masalah sesuai lingkup tugasnya;
  5. pengkoordinasian pelaksanaan tugas secara internal dan sesuai lingkup tugasnya;
  6. pelaksanaan monitoring dan evaluasi kinerja sesuai lingkup tugasnya;
  7. penyiapan bahan penyusunan laporan kinerja dan keuangan sesuai lingkup tugasnya;
  8. pelaksanaan pembinaan, penilaian dan evaluasi kinerja bawahannya;
  9. penyelenggaraan kegiatan administrasi Sub Bagian Perencanaan dan

Evaluasi ;

  1. pelaksanaan fungsi kedinasan lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan fungsinya.

Pasal 12

Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas melaksanakan administrasi penata usahaan keuangan, pengelolaan keuangan dan pertanggungjawaban administrasi keuangan

Pasal 13

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud dalam pasal Pasal 12, Sub Bagian Keuangan mempunyai fungsi : a. perencanaan keuangan Dinas;

  1. penyusunan anggaran belanja langsung dan tidak langsung;
  2. pelaksanaan kegiatan perbendaharaan meliputi pembukuan, verifikasi, rekapitulasi dan dokumentasi pelaksanaan belanja langsung dan tak langsung;
  3. penyusunan laporan perhitungan dan pertanggungjawaban keuangan;
  4. pelaksanaan koordinasi secara internal di lingkungan unit kerja;
  5. pelaksanaan dan pengkoordinasian pengelolaan administrasi keuangan dan akuntansi Dinas;
  6. pembuatan laporan sesuai dengan bidang tugasnya;
  7. pengkoordinasian penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis dibidang keuangan;
  8. pemberian saran, pendapat dan pertimbangan kepada atasannya untuk menyelesaikan masalah sesuai lingkup tugasnya;
  9. pengkoordinasian pelaksanaan tugas-tugas sesuai lingkup tugasnya;
  10. pelaksanaan monitoring dan evaluasi kinerja sesuai lingkup tugasnya;
  11. penyiapan bahan penyusunan laporan kinerja dan keuangan sesuai lingkup tugasnya;
  12. pelaksanaan pembinaan, penilaian dan evaluasi kinerja bawahannya;
  13. pelaksanaan fungsi kedinasan lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan fungsinya.

Pasal 14

Sub   Bagian        Umum        dan    Kepegawaian        mempunyai          tugas menyelenggarakan urusan surat menyurat, kearsipan, kerumahtanggaan, perjalanan dinas, perlengkapan, dan kepegawaian.

Pasal 15

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14, Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi : a. penyusunan rencana anggaran kebutuhan barang;

  1. penyusunan data dan administrasi inventaris Dinas;
  2. pelaksanaan ketatalaksanaan umum meliputi administrasi umum, surat menyurat, kearsipan dan administrasi kepegawaian;
  3. pelaksanaan kegiatan rumah tangga dan perjalanan dinas;
  4. pelaksanaan pengadaan sarana dan prasarana perkantoran;
  5. pelaksanaan pengelolaan barang inventarisasi Dinas;
  6. pengurusan mutasi, diklat, kesejahteraan pegawai, hak dan kewajiban pegawai;
  7. pelaksanaan tugas pembinaan administrasi umum dan kepegawaian;
  8. pelaksanaan koordinasi secara internal di lingkungan unit kerja;
  9. pelaksanaan kehumasan dan keprotokolan;
  10. pengkoordinasian penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang Umum dan kepegawaian;
  11. pemberian saran, pendapat dan pertimbangan kepada atasannya untuk menyelesaikan masalah sesuai lingkup tugasnya.
  12. pengkoordinasian pelaksanaan tugas-tugas sesuai lingkup tugasnya.
  13. penyiapan bahan penyusunan laporan kinerja dan keuangan sesuai bidang tugasnya;
  14. pelaksanaan monitoring dan evaluasi, dan membuat laporan kinerja sesuai lingkup tugasnya;
  15. pelaksanaan pembinaan, penilaian dan evaluasi kinerja bawahannya
  16. pelaksanaan fungsi kedinasan lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan fungsinya.